191 Siswa Muhammadiyah Condongcatur Ikuti Kemah Mandiri Prestasi 2022/2023

0

JOGJA — SD Muhammadiah Condongcatur Sleman Yogyakarta menggelar kegiatan Kemah Mandiri dan Prestasi (Presma) bertempat di bumi perkemahan Youth Center Yogyakarta, Rabu-Kamis (16-18/01/2023) hari ini. 

Kegiatan yang dimotori gerakan kepanduan Muhammadiah, Hizbul Wathan ini diikuti sebanyak 191 siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Condongcatur, beserta 2 klaster sekolah lainnya yakni SD Muhamadiyah Condongcatur 2, dan SD Muhammadiyah 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. 

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Sulasmi mengatakan kegiatan kemah mandiri ini digelar untuk melatih dan menanamkan rasa kemandirian di kalangan para siswa. 

Kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara, jurit malam, api unggun, ajang lomba kemandirian, giat peningkatan kompetensi Syarat Kenaikan Tingkat (SKT), hinggga pentas seni. 

“Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi sekaligus menanamkan kemandirian siswa. Selain tidak boleh ditengok orang tua, disini siawa dilatih untuk mengurus diri sendiri. Seperti misalnya memasak sendiri, mencuci baju sendiri, hingga melakukan berbagai kegiatan kemandirian lainnya,” katanya. 

Ketua III Kwartir Daerah Hizbul Wathan Sleman, Ramanda Jamroni menilai pentingnya kegiatan semacam ini di tengah era Milenial seperti saat ini. Selain untuk mencetak generasi Muhammadiah yang tangguh di masa mendatang, kegiatan ini juga diharapkan mampu menyiapkan siswa agar mampu menghadapi berbagai kemungkinan tantangan kehidupan. 

“Di era milenial seperti sekarang ini, banyak orang tua sibuk bekerja. Sehingga anak harus siap untuk tidak selalu bergantung pada orang tua masing-masing, termasuk menghadapi berbagai kemungkinan hal yang tidak terduga di dalam perjalanan kehidupannya,” katanya.

Salah seorang siswa, Aftah Munsyi’alfikra, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan presma ini. Selain untuk pertama kalinya bisa belajar hidup mandiri di alam terbuka, ia juga mengaku banyak mendapat pengalaman baru yang mengasyikan bersama teman-temannya. 

“Sudah persiapan bawa bekal makanan, pakaian, dan alat perlengkapan lainnya dari rumah. Senang sekali karena bisa belajar untuk lebih mandiri. Agar tidak manja sama orang tua,” ungkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here