Maryanto Bersukur Terima Bantuan Sembako dari Subdit IV Dit Intelkam Polda DIY

0

JOGJA — Salah seorang mantan narapidana terorisme, Maryanto (43) warga dusun Mrisi, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul menerima bantuan sembako serta berbagai kebutuhan lainnya dari jajaran Polda DIY pada Kamis (15/04/2021). 

Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk silaturahmi sekaligus perhatian dan dukungan Polda DIY pada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19, termasuk pada mantan narapidana terorisme yang tengah menjalani dan memulai hidup baru di masyarakat. 

Setelah selesai menjalani masa tahanan, Maryanto yang merupakan mantan anggota jaringan kelompok ISIS kembali hidup bersama keluarganya dengan bekerja sebagai pedagang bakso tusuk. Setiap hari ia memproduksi bakso tusuk di rumahnya, untuk kemudian dijual di kawasan Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta. 

Di masa normal, dalam sehari bapak dua anak ini mengaku bisa menjual puluhan kilogram bakso tusuk yang ia produksi sendiri. Namun akibat pandemi Covid-19, jumlah bakso tusuk yang diproduksinya menurun drastis. Yakni dari 35 kilogram menjadi hanya sekitar 7 kilogram per hari. 

“Selama pandemi ini, penjualan bakso tusuk menurun drastis. Akibatnya penghasilan sehari-hari juga ikut menurun. Sehingga adanya bantuan dari Polda DIY semacam ini sangat membantu perekonomian keluarga kami. Karena itu kami ucapkan banyak terimakasih pada jajaran Polda DIY,” ujarnya. 

Pihak kepolisian melalui Dit Intelkam Polda DIY, sendiri memberikan bantuan sembako serta berbagai kebutuhan barang lainnya untuk mendukung usaha penjualan bakso tusuk yang dijalankan Maryanto. Sejumlah barang tersebut antara lain, tepung terigu, minyak goreng, aneka bumbu hingga berbagai barang lainnya. 

Kanit C Subdit IV Dit Intelkam Polda DIY, Kompol Harijanto, yang hadir bersama jajarannya, mengaku memberikan bantuan ini guna mendukung proses sosialisasi Maryanto kembali ke masyarakat. Selain rutin menjalin silaturahmi, pihaknya juga tak henti memberikan dukungan baik moril dan materiil kepada pihak keluarga Maryanto

“Kita berikan bantuan ini sebagai bentuk perhatian, kepedulian sekaligus dukungan pada pak Maryanto agar bisa kembali menjalani kehidupan di masyarakat seperti semula. Ada sedikit bahan-bahan untuk pembuatan bakso tusuk. Serta sedikit sembako untuk keluarga selama bulan Ramadhan. Mudah-mudahan pak Maryanto bisa tetap beraktivitas kembali seperti biasa bersama keluarga,” katanya.

Sementara itu, perwakilan dukuh Mrisi, Nur Amin, mengaku bangga dengan perhatian dan kepedulian jajaran Polda DIY pada salah seorang warganya yakni Maryanto. Ia menilai perhatian semacam ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang baru saja selesai menjalani masa tahanan dan memulai kembali hidup di masyarakat. 

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami tentu akan ikut mensuport apa yang dilakukan sdr Maryanto untuk kembali ke masyarakat, besosial dan berktivitas kembali bersma keluarga dan masyarakat. Semoga ini bisa menjadi berkah bagi semua,” katanya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here